Sekilas tentang Revitalisasi





# Apa yang dimaksud Revitalisasi?
Kata revitalisasi (diambil dari bahasa latin "vita" yang berarti hidup) yang bermakna menghidupkan kembali. Fenomena dari revitalisasi merupakan dasar yang sangat unik dalam proses kimia-fisika ketika terjadi di dalam kondisi zona gesek ( friction zone).
XADO merupakan material pembangun dan activator energi yang sangat unik yang menghasilkan sebuah permukaan baru dengan memanfaatkan tenaga panas dari hasil gesekan. Proses revitalisasi berhenti bila geometri part telah terbentuk. Revitalisasi akan memproteksi seluruh permukaan part menjadi sangat halus (seperti permukaan kaca)

# Bagaimana cara kerjanya?
Revitalisasi XADO menambah dengan menyesuaikan ketebalan micron sesuai kebutuhan pada elemen yang tergesek, "ratusan" part pada bagian mesin dan "puluhan" part pada bagian roda gigi. Ini yang dinamakan PERBAIKAN ( REPAIR )

# Kandungan apa yang terdapat pada coating ini ( XADO ) ?
XADO merupakan permukaan coating yang sangat keras, sangat halus, dan tahan terhadap korosi. Mempunyai micro hardness 650 – 750 kg/mm. Kehalusan permukaan part baru antara 0.9 sampai 2.1 Ra, yang mana XADO akan meyakinkan anda akan kehalusan permukaan setelah revitalisasi menjadi 0.06 Ra

# Apakah penambahan lapisan akan menambah ukuran dari mesin (piston, silinder)?
Tidak, tidak akan terjadi. proses revitalisasi merupakan suatu cara tersendiri untuk mencapai terbentuknya permukaan baru. Revitalisasi akan aktif pada bagian yang telah rusak secara ekstrim dimana terdapat kondisi : gesekan yang berlebihan, suhu tinggi, tekanan ekstrim. Permukaan akan di rekondisikan dan terbentuk sebuah lapisan baru, proses akan terhenti dan tidak berkembang dimana sudah tidak terdapat kondisi seperti diatas.

# Saya mempunyai kendaraan baru. Mengapa saya membutuhkan XADO ?
Operasional kendaraan merupakan sebuah periode waktu untuk penyesuaian dari part. Selama periode ini lapisan permukaan akan terjadi aus. XADO revitalisasi akan meminimalkan kerugian dari keausan selama menjalankan kendaraan dan memberikan kesempatan sangat unik untuk memproteksi dan menyesuaikan part dengan lapisan cermet.

# Saya baru saja melakukan Overhaul, apakah membutuhkan XADO ?
XADO revitalisasi merupakan kebutuhan yang sangat penting untuk mesin yang telah di overhaul. Selama overhaul pada umumnya sangat tidak mungkin mendapati kekerasan permukaan part seperti part original (suku cadang asli). XADO bisa me-rekondisikan dan mengembalikan kekerasan permukaan part.

# Akankah permukaan yang telah terbentuk mengelupas selama bekerja ?
Tidak, tidak akan mengelupas. Ini adalah penyatuan ( bukan penempelan ) pada metal dan hasil revitalisasi merupakan sebuah kesatuan ( monolithic ) dan crystal solid yang terbentuk pada kedalaman 10 - 30?m. Kemudian tidak ada batasan antara permukaan matrix dengan lapisan yang dibentuk.

# Mengapa jumlah gel yang diaplikasi harus disesuaikan dengan jumlah volume oli tapi tidak terhadap tingkat keausan?
Karena jumlah oli di dalam mesin dan beberapa joints serta unit sudah terhitung secara proporsi di permukaan gesekan (zona gesekan). Karena hal yang dapat dihitung adalah di system volume oli dan mencukupi hitungan jumlah gel untuk memperbaiki pada keausan.

# Mana yang terbaik untuk treatment, oli mineral atau oli sintetik ?
Tidak ada perbedaan karena revitalisasi cocok digunakan pada berbagai macam oli dan bahan bakar. Tidak ada reaksi terhadapnya dan tidak merubah viscositas (kekentalan). Oli hanya sebagai pembawa gel revitalisasi pada area permukaan gesekan. XADO tidak untuk oli, tapi untuk memperbaiki (repair).

# Haruskah oli diganti sebelum treatment mesin?
Tidak harus. Tetapi diharuskan ganti, bila masa pakai oli tidak mencukupi untuk semua langkah revitalisasi (1600 km).

# Apakah XADO akan tetap berada didalam Crankcase saat mobil diparkir untuk waktu yang lama?
Ini tidak akan terjadi jika anda mengikuti petunjuk aplikasi XADO. XADO hanya diaplikasikan pada mesin dalam keadaan hangat. Mesin kemudian dihidupkan kurang lebih 2 menit saat idle. Ini untuk membawa gel revitalisasi ke zona permukaan gesekan.

# Haruskah saya menambah XADO setiap kali mengganti oli?
Tidak. Lapisan yang telah terbentuk dalam proses revitalisasi (pertama kali) selama menjalankan kendaraan dengan jarak tempuh 930 – 1240 mil ( 1500 – 2000 km ). Setelah treatment anda harus mengganti oli seperti biasa. Efek XADO akan bertahan sampai beberapa kali penggantian oli ( sampai 100.000 km )

# Bagaimana cara XADO dapat menghemat bahan bakar?
Sesuai prinsip teknikal, penggunaan bahan bakar yang berlebihan diakibatkan oleh keausan dari grup piston – silinder. Setelah revitalisasi geometri dari part akan kembali terbentuk, dan pemakaian bahan bakar akan kembali normal.
Sebagai tambahan, factor gesekan yang rendah ( kehalusan permukaan dari 0.9 sampai 2.1Ra akan diisi secara bertahap menjadi kehalusan permukaan 0.06Ra) secara signifikan akan mengurangi kerugian dari gesekan. Dengan hasil ini, anda akan menghemat sampai 30% bahan bakar saat idle dan 5 – 7% bahan bakar ketika menjalankan kendaraan.

# Dapatkah saya men-treatment mesin 2 tak ?
Ini adalah formula special, gel untuk merekondisi silinder mesin 2 tak. Ini dapat digunakan untuk treatment semua mesin baik itu jenis scooter, mesin potong rumput dan mesin pemotong (chain saw)

# Saya membeli mobil bekas dan mendapatkan info dari pemakai lama menggunakan beberapa additive oli. Dapatkah saya menggunakan XADO untuk kasus ini ?
Tentu bisa, anda dapat melakukannya. Revitalisasi XADO sangat cocok dengan berbagai jenis additive.

# Jika anda pernah terpengaruh oleh iklan lama, yang bermakna; mungkinkah berkendara tanpa oli sama sekali?
XADO tidak merekomendasikan anda menjalankan kendaraan tanpa pelumas. Prosedur revitalisasi XADO untuk repair / perbaikan, rekondisi dan memproteksi mesin. Kami telah menyampaikan pada anda tentang menjalankan kendaraan dengan crankcase kering ( tanpa pelumas ) hanya untuk demo kwalitas dari lapisan XADO, dan itu untuk meyakinkan anda, dengan treatment pada kendaraan anda. Anda dapat memproteksi dalam keadaan yang sangat ekstrim. Disamping perbaikan dan keuntungan (uang), kendaraan anda diproteksi dengan XADO, silahkan anda menghitungnya sendiri !

# Sampai kapan pelapisan ini akan tercapai?
Berbicara kompresi / tekanan dalam silinder sebelum treatment sekitar 142.2 psi (10kgf/cm²) dan setelah treatment akan mencapai 184.9 psi (13kgf/cm²). Manufaktur menjamin performa ini akan mencapai 1 tahun berjalan. Secara singkat, performa tidak akan berkurang bila kendaraan anda berjalan 60.000 mil (100.000 km). Kemudian, anda dapat mentreatment mesin kembali.

# Dapatkah semua kompresor di treatment dengan teknologi XADO ?
Ya, secara praktis semua kompresor dapat ditreatment dengan teknologi XADO. Keuntungan dari treatment adalah : menaikkan tekanan pelumas, mengurangi clearance dalam gear, mengurangi bentuk oval dan kemiringan dari group piston – silinder dan merekondisikan permukaan yang bergesek sampai 0.5mm. Oksigen kompresor tidak dapat ditreatment dengan XADO karena bukan pelumas.

# Apa lapisan tersebut terbentuk pada non-ferrous metals ( non metal ) ?
Ya, lapisan terbentuk pada seluruh metal yang bergesekan, termasuk non-ferrous metal dan metal alloy lainnya.

# Apa XADO merupakan toxic (zat beracun) ?
Tidak. Seluruh produk mempunyai izin sanitasi untuk digunakan dalam industri makanan dan telah mendapat sertifkat higienis.